SELAMAT DATANG DI BLOG AKATSUKI TO KOIZORA=>Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku. ~ Khalifah ‘Umar

Senin, 03 Maret 2014

Pengertian & Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis

A. Pengertian Komunikasi Bisnis

1. Menurut Johan Tambotot, Komuniasi Bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun perspektif, sumber daya intelektual untuk mempromosikan gagasan suatu produk/service dengan sasaran menciptakan nilai dalam sebuah organisasi.

2. Menurut Purwanto, Komunikasi Bisnis adalah proses interaksi lembaga dengan lembaga lain yang terkait, seperti konsumen, prodesen, stacholder dan lingkungan.


3. Menurut Dr. RoyRondonuju, Komunikasi Bisnis adalah pertukaran pendapat, gagasan, interaksi, intruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal dan interpersonal melalui simbol-simbol tertentu dalam ruang lingkup bisnis.

4. Menurut Dwi Saputra, Komunikasi Bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, intruksi yang memilikitujuan tertentu yang disajikan secara personal dan impersonal melalui simbol atau sinyal.

Kesimpulan, Komunikasi Bisnis adalah Proses penyampaian pesan atau pertukaran informasi dari komunikator kepada komunikan yang disajikan dalam personal maupun interpersonal dengan tujuan menciptakan nilai-nilai dalam organisasi.

B. Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis
1. Komunikasi Internal
Komunikasu yang berlangsung dalam ruang lingkup atau organisasi  atau oerusahaan yang terjadi diantara anggota organisasi atau oerusahaan tersebut. Komuikasi ini dibedakan menjadi tiga macam,  yaitu:
 a) komunikasi vertikal
 yang terjadi dalam bentuk komunikasi  dari atasan kepada bawahan, misalnya perintah, teguran , pujian dal lain-lain.
b) komunikasi horizontal
lingkup organisasi/kantor diantara orang-orang yang mempunyai kedudukan yang sejajar.
c) komunikasi diagonal
yang terjadi di ruang linhkup organisasi/kantor diantara orang-orang yang mempunyai kedudujan tidak sama pada posisi tidak sejajar vertikal.

2. Komunikasi Eksternal
Komunikasi yang berlangsung antara organisasi/perusahaan dengan pihak masyarakat yang ada diluar organisasi/perusahaan.
Komunikasi dengan pihak luar dapat dibentuk melalui:
>Eksposisi, pameran, promosi, publikasi dan lain-lain
>Komperensi Pers(Pers release)
>Siaran televisi, radio
>Bakti sosial, pengabdian pada masyarakat.
Komunikasi eksternal dimaksudkan untuk mendapatkan pengertian, kepercayaan, bantuan dan kerjasama dengan masyarakat.

Semoga Bermanfaat...dan sebagai Pengingat untuk ku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar